Tuesday, March 26, 2013

Memahami Cara-Cara Mencari Surah Dan Ayat Dalam Alquran



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah Pendidikan Agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah pada mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Islam mendasarkan ajarannya pada Al-Qur'an dan hadits. Al-Qur'an menjadi sumber utama hukum islam, sedangkan hadits menjadi sumber hukum kedua. Bagi umat islam, Al-Qur'an adalah kitab suci yang diyakini sebagai hudan lil al-nas dan rahmatan lil 'alamin. Al-Qur'an juga menjadi manhajul hayat (kurikulum kehidupan) bagi manusia dalam menjalani kehidupan didunia. Adapun hadits merupakan penjelas atau bayan terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang sifatnya global. Tanpa pemahaman hadits secara komprehensif, umat islam tidak akan bisa memahami Al-Qur'an secara benar
B.     Rumusan Masalah
a.       Bagaimana standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Al-Quran Hadis pada Madarasah Aliyah
b.      Apa tujuan diadakan mata pelajaran Quran Hadis di Madrasah Aliyah
c.       Apa ruang lingkup mata pelajaran Quran Hadis di Madrasah Aliyah
d.      Bagaimana keterkaitan materi kelas X
C.    Tujuan
Dalam menyusun makalah ini tentunya ada tujuan yang dicapai untuk sebuah keberhasilan. Adapun tujuan makalah ini adalah sebagai berikut:
a.         Dapat menjelaskan tentang Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Madrasah Aliyah
b.        Dapat menjelaskan Tujuan Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah
c.         Dapat menjelaskan Ruang Lingkup Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah
D.    Manfaat
Manfaat dari makalah ini diharapkan tidak hanya bagi penyusun makalah saja namun juga bagi pembaca.
a.       Manfaat bagi pembaca: diharapkan para pembaca mendapatkan pengetahuan tentang pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Madrasah Aliyah kelas X
b.      Manfaat bagi penulis: diharapkan agar lebih memahami materi dan dapat mengembangkan kemampuan dalam pembahasannya.
1.      Sistematik Makalah
a.    Bagian Awal
BAB I             PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang Masalah
1.2      Rumusan Masalah
1.3     Tujuan Makalah
1.4     Manfaat Makalah
1.5      Sistematik Makalah
b.    Bagian Inti                 
BAB II                        LANDASAN TEORI
1.1         Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah kelas X  
 BAB III         PEMBAHASAN
3.1         Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Madrasah Aliyah
3.2         Tujuan Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah
3.3         Ruang Lingkup Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah
c.    Bagian Akhir
BAB IV             PENUTUP
4.1       Kesimpulan
                  4.2       Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB II
LANDASAN TEORI
Quran Hadis kelas X, semester 1
Standar Kompetensi
1.      Memahami cara-cara mencari surah dan ayat dalam Al qur an
Kompetensi Dasar
1.1 menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surah dan ayat dalam A l-Qur an
            Kitab fathur-Rahman merupakan suatu kitab yang membantu  para pengguna Al-Qur’an dalam mencari suatu ayat dan surah. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menggunakan kitab fathur  Rahman.
1.      Tentukan dahulu salah satu fi’il madi (kata kerja lampau) atau ism (kata benda) yang menjadi kata kunci pada ayat yang akan dicari kedudukannya dalam surah tertentu pada Al Qur’an
Misal:                                                                                        ﺪﻩﺍﻠﻌﻟﻤ ﺍﻧﻤﺎﯿﺧﺸﻰﺍﻠﻠﻪ ﻤﻦﻋﺒﺎ
2.      Setelah ditentukan kata yakhsya sebagai kata kunci, langkah selanjutnya adalah mencari/mengembalikan kata tersebut  dari fi’il mudhari’ kebentuk fi’il madi, yakni khasyiya.
3.      Langkah berikutnya adalah membuka kitab fatkhur Rahman dan mencari kelompok kata yang diawali dengan huruf ( ) . dari sini, secara berurutan sesuai dengan urutan huruf hijaiah, dicari kata (     ﺧﺸﻲ     )
4.      Langkah berikutnya adalah melihat kode (  ﻔﻄ  ) dalam daftar kode surah yang terdapat diawal kitab fatkhur-Rahman untuk mengetahui surah fatir terletak pada urutan surah beberapa dalam tertib surah-surah al qur’an. Carilah dalam kelompok ( ڧ ) dan lihat  (  ﻔﻄ  ) maka akan ditentukan kode sebagai berikut.
Keterangan;
                      : halaman mushaf yang digunakan dasar penetapan dalam kitab Fathur Rahman .
                      : menunjukkan kode surah, yakni surah Fatir.
                                  : menunjukkan nomor urut  Surah Fatir dalam tata urutan Surah Al Qur'an .
                                   : nama surah
1.      Dengan langkah-langkah diatas, dapat dusimpulkan bahwa ayat tersebut terdapat dalam surah Fatir (35) ayat 28.[1]
BAB III
PEMBAHASAN
1.      Tujuan Mata Pelajaran Quran Hadis pada Madrasah Aliyah
Mata pelajaran Quran Hadis di Madrasah Aliyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
·         Menumbuhkan pengembangan Quran Hadis melalui pemberian, pengembangan, pengetahuan, penghayatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaanya kepada Allah SWT
·         Mewujudkan manusia untuk menjadi yang taat beragama dan beraklak mulia. 
2.      Ruang Lingkup Mata Pelajaran Quran Hadis pada Madrasah Aliyah
Ruang lingkup Quran Hadis di Madrasah meliputi ketentuan pengaturan hukum islam dalam menjaga keserasian, keselarasan, daan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan sesame manusia. Adapun ruang lingkup mata pelajaran Quran Hadis di Madrasah Aliyah meliputi:  
·         Memahami cara-cara mencari surahdan ayat dalam Al-Quran
·         Menerapkan cara-cara mencari surat ayat dalam al qur an.
3.      Telaah Materi Quran Hadis Kelas X
a.       Aspek Materi
Dari landasan teori tentang SK-KD mata pelajaran Quran Hadis Madrasah Aliyah Kelas X semerter 1 yang telah  kami bahas diatas, kami dapat mengaksisdiantaranya diantaranya mengenai aspek materi.   

















BAB IV
PENUTUP


1.      Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa keseluruhan materi mata pelajaran Qur’an Hadis sudah sesuai dengan SK dan KD. Yang terpenting dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis, peran seorang guru sangat penting untuk menunjang keberhasilan siswa dalam menguasai materi yang ada. Serta dapat mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik untuk dijadikan pedoman hidup dan menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.  

2.      Saran
Demikianlah makalah yang telah penulis sampaikan, semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Penulis menyadari bahwa ini jauh dari sempurna. oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat menghasilkan karya yang lebih baik.












DAFTAR PUSTAKA

Baqiy, Al. 1995. Ilmi zadah Fuad abd Fatkhur rahman lithalibi ayatil Qur an. Beirut:Darul fiqri


[1] Al-baqy. Ilmi zadah Fuad abd Fatkhur rahman lithalibi ayatil Qur an. Beirut:Darul fiqri

0 komentar:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Zudi Pranata. Powered by Blogger.
 
;