BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Masalah yang paling parah pada
setiap sistem pendidikan yaitu kurangnya evaluasi yang efektif.[1]
Dalam proses belajar mengajar evaluasi dipakai untuk perbaikan, pengembangan
terhadap kegiatan yang sedang berjalan dan pertanggung jawaban. Guna untuk menambah pengetahuan dan
dukungan dari mereka (guru/murid) yang terlibat dalam pembelajaran.
Setiap aktivitas termasuk berbagai karya yang dihasilkan siswa dari
suatu proses pembelajaran perlu dievaluasi oleh setiap guru secara terus
menerus. Melalui proses evaluasi yang terus
menerus itulah pengalaman belajar siswa akan terus disempurnakan hingga pada
akhirnya akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan lebih sempurna. Maka dalam makalah ini akan kami bahas
salah satu teknik evaluasi yaitu, penilaian portofolio.
B. Rumusan
Masalah
Dari latar belakang masalah diatas
dapat diambil beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apa yang
dimaksud penilaian portofolio?
2.
Bagaimana manfaat dan karakteristik portofolio?
3.
Bagaimana kelebihan serta kekurangan tes portofolio?
4.
Bagaimana
prosedur pelaksanaan penilaian portofolio?
BAB
II
LANDASAN
TEORI
A.
Pengertian Portofolio
Secara
etimologi, portofolio berasal dari dua kata, yaitu port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap.
Secara terminology, Portofolio adalah kumpulan karya siswa yang disusun secara
sistematis dan terorganisir sebagai hasil dari usaha pembelajaran yang telah
dilakukannya dalam kurun waktu tertentu. Melalui hasil karya tersebut guru
dapat melihat perkembangan kemampuan siswa baik dalam aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) maupun keterampilan (psikomotorik)sebagai
bahan penilaian. Hasil karya yang dihasilkan bisa hasil karya yang dikerjakan
di dalam kelas atau bisa juga hasil kerja siswa yang dilakukan di luar kelas.
Hasil karya siswa itu kemudian dinamakan evidence,
melalui evidence inilah siswa dapat
mendemonstrasikan unjuk kerja kepada orang lain baik tentang pengetahuan,
sikap maupun keterampilan
sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Penilaian
portofolio pada dasarnya adalah menilai karya-karya peserta didik berkaitan
dengan mata pelajaran tertentu. Semua tugas yang dikerjakan peserta didik
dikumpulkan, dan diakhir satu unit program pembelajaran diberikan penilaian.
Dalam menilai dilakukan diskusi antara peserta didik dan guru menentukan
skornya.[2]
B. Manfaat Dan Karakteristik
Penilaian Portofolio
Adapun manfaat penilaian portofolio diantaranya adalah :
1.
Penilaian portofolio dapat memberikan gambaran yang
utuh tentang perkembangan kemampuan siswa.
2.
Penilaian portofolio merupakan penilaian yang
autentik.
3.
Penilaian portofolio merupakan teknik penilaian yang
dapat mendorong siswa pada pencapaian hasil yang lebih baik dan dapat belajar
secara optimal tanpa merasa tertekan.
4.
Penilaian portofolio dapat menumbuhkan motivasi
belajar siswa. Penilaian portofolio dapat mendorong orang tua siswa
untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran siswa.[3]
Adapun
juga beberapa karakteristik Portofolio, yaitu:
- Merupakan hasil karya siswa yang berisi kemajuan dan penyelesaian tugas-tugas secara terus menerus (continue) dalam usaha pencapaian kompetensi pembelajaran.
- Mengukur setiap prestasi siwa secara individual dan menyadar perbedaan diatara siswa.
- Merupakan suatu pendekatan kerjasama.
- Mempunyai tujuan untuk menilai diri sendiri.
- Memperbaiki dan mengupayakan prestasi.
- Adanya keterkaitan antara penilaian dan pembelajaran.[4]
- Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Portofolio
Sebagai
suatu teknik penilaian portofolio memiliki kelebihan, diantaranya:
1.
Penilaian portofolio dapat menilai kemampuan siswa
secara menyeluruh.
2.
Penilaian portoolio apat menjamin akuntabilitas.
3.
Penilian portofolio merupakan penilaian yang bersifat
individual.
4.
Penilaian portofolio merupakan peniain yang terbuka.
5.
Penilaian portofolio bersifat self-evaluation.
Di
samping kelebihan, penilaian portofolio juga memiliki kelemahan, diantaranya:
1.
Penilaian portofolio memerlukan waktu dan kerja keras
1.
Penilaian portofolio memerlukan perubahan cara
pandang.
2.
Penilaian potofolio memerlukan perubahan gaya belajar.
3.
Penilaian portofolio memerlukan sistem pembelajaran.[5]
D. Prosedur Pelaksanaan Portofolio
1.
Menentukan tujuan portofolio
Tahapan pertama dalam pelaksanaan penilaian portofolio adalah merumuskan
tujuan yang ingin dicapai. Dengan tujuan yang jelas dan terarah, akan
memudahkan guru untuk mengelola pembelajaran. Penentuan tujuan portofolio akan sangat membantu dalam
menentukan evidence siswa dan
bagaimana proses evidence itu
diperoleh sebagai bukti bahwa siswa telah mencapai suatu kompetensi sesuai
dengan rumusan kurikulum.
2.
Penentuan isi portofolio
Isi dan bahan portofolio merupakan tahapan selanjutnya setelah
menentukan tujuan. Isi dalam portofolio harus dapat menggambarkan perkembangan
kemampuan siswa yang sesuai dengan standar kompetensi seperti yang dirumuskan
dalam kurikulum. Misalkan apabila tujuan penggunaan portofolio adalah kemampuan
anak dalam membuat sebuah karangan, maka isi portofolio adalah perkembangan
kemampuan anak mulai dari mengembangkan ide atau gagasan, menentukan tema,
menyusun kalimat, menyusun paragraph dan seterusnya hingga penyusunan karangan
secara utuh.
3.
Menentukan kriteria dan format penilaian.
Kriteria penilaian ditentukan dalam dua aspek pokok, yaitu kriteria
untuk proses belajar dan kriteria untuk hasil belajar. Proses belajar misalnya
ditentukan kriteria penilaian dari aspek kesungguhan menyelesaikan tugas,
motivasi belajar, ketepatan waktu penyelesaian, dan lain sebagainya. Sedangkan
kriteria dilihat dari hasil belajar disesuaikan dengan isi yang menggambakan
kompetensi.
4.
Pengamatan dan penentuan bahan portofolio
Bahan portofolio biasanya hanya memuat evidence yang dianggap dapat
mewakili dan menggambarkan suatu perkembangan dan perubahan yang terjadi. Oleh
karena itu, sebelum ditentukan evidence mana yang dianggap dapat dimasukkan ke
dalam portofolio, terlebih dahulu perlu dilakukan pengamatan.
5.
Menyusun dokumen portofolio
Manakala bahan-bahan portofolio telah ditentukan, langkah selanjutnya
adalah menyusun bahan itu dalam dokumen portofolio, misalnya dalam bentuk
folder. Folder itu sendiri, perlu dilengkapi identitas siswa, mata pelajaran,
daftar isi dokumen, dan isi dokumen beserta komentar-komentar baik dari guru
maupun orang tua.[6]
BAB
III
PEMBAHASAN
- Contoh Penilaian PAI SMA Kelas IX Semester I
Lembar Penilaian Portopolio
Nama Siswa :
......................................
Tanggal/Bulan/Tahun :
......................................
Mata Pelajaran :
PAI
Kompetensi Inti : 4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar : 4.9. Mempraktikan shalat berjamaah
Penilaian
|
Portopolio
|
Penampilan
|
|
Indikator
|
|
Penilaian
|
|
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Takbiratul Ihram
|
|
|
|
Rukuk
|
|
|
|
Thoma’ninah
|
|
|
|
Sujud
|
|
|
|
Salam
|
|
|
|
Tartil (urut)
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai Akhir diambil dari
rata-rata hasil praktikum.
Untuk:
Kategori Baik: 100-85,
praktikum dilakukan secara sempurna
Kategori Cukup: 84-70,
dilakukan sudah benar namun belum sempurna
Kategori Sedang: 69-50,
Praktikum belum benar
Pencapaian hasil siswa melalui:
No.
|
Dicapai Melalui
|
Beri tanda Check list
|
keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Pertolongan Guru
|
|
|
2.
|
Seluruh Kelas
|
|
|
3.
|
Kelompok Kecil
|
|
|
4.
|
Sendiri
|
|
|
Komentar Orang Tua :
..............................................
Lembar Penilaian Portopolio
Nama Siswa :
......................................
Tanggal/Bulan/Tahun :
......................................
Mata Pelajaran :
PAI
Kompetensi Inti : 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggumakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan (sudut pandang/teori).
Kompetensi Dasar : 4.1.2.
Menunjukkan Q.S. Al-furqan (25) ayat 63 Q.S. Al-Isra’ (17) ayat 27, serta
hadist terkait.
Penilaian
Portopolio Proses
|
||||
Aspek-aspek penilaian
|
Indikator
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
Bacaan
|
Pelafalan Makhroj
|
5
|
|
|
|
Tajwid
|
5
|
|
|
|
Kelancaran
|
5
|
|
|
Tulisan
|
Ketepatan Tulisan
|
5
|
|
|
|
Kerapian
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
25
|
|
|
Keterangan:
Nilai Akhir = Total Nilai : Total Bobot
Untuk mendapatkan nilai hasil = Skor x bobot.
Pencapaian hasil bobot melelui:
No.
|
Dicapai melalui
|
Keterangan
|
Komentar orang tua
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Pertolongan Guru
|
|
|
2.
|
Seluruh Kelas
|
|
|
3.
|
Kelompok Kecil
|
|
|
4.
|
Sendiri
|
|
|
Contoh penilaian portopolio :
Nama Dokumen : Resume PAI Semester 1
Kelas/Kelompok: VII :
Petunjuk Penilaian :
1. Setiap
kriteria diberi skor dalam skala 5 (1-5)
2. Skor
1 = Rendah; 2, cukup; 3 = rata-rata; 4= baik; 5= istimewa
No.
|
Kriteria
Penilaian
|
Nilai
|
Catatan
|
1.
|
Kelengkapan
:
|
|
|
|
1. Apakah dokumen lengkap untuk menjawab pertanyaan?
|
4
|
|
2.
|
Kejelasan
:
|
|
|
|
2. Tersusun dengan baik
|
5
|
|
|
3. Tertulis dengan baik
|
5
|
|
|
4. Mudah dipahami
|
4
|
|
3.
|
Informasi
:
|
|
|
|
5. Akurat
|
4
|
|
|
6. Memadai
|
4
|
|
|
7. Penting
|
3
|
|
4.
|
Dukungan
:
|
|
|
|
8. Memuat contoh-contoh untuk hal-hal yang utama
|
4
|
|
|
9. Memuat alasan yang baik
|
4
|
|
5.
|
Data
Grafis :
|
|
|
|
10. Berkaitan dengan isi setiap bagian
|
3
|
|
|
11. Diberi judul yang tepat
|
3
|
|
|
12. Memberi informasi
|
4
|
|
|
13. Menikmati pemahaman
|
4
|
|
6.
|
Bagian
Dokumentasi:
|
|
|
|
14. Cukup memadai
|
4
|
|
|
15. Dapat dipercaya
|
4
|
|
|
16. Berkaitan dengan hal yang dijelaskan
|
4
|
|
|
17. Terpilih (terseleksi)
|
4
|
|
|
Jumlah
Skor
|
67
|
|
|
Kualifikasi
Penilaian
|
Baik
|
|
Penilai
:
( ........................... )
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Penilaian
portofolio pada dasarnya adalah menilai karya-karya peserta didik berkaitan
dengan mata pelajaran tertentu. Semua tugas yang dikerjakan peserta didik
dikumpulkan, dan diakhir satu unit program pembelajaran diberikan penilaian.
Dalam menilai dilakukan diskusi antara peserta didik dan guru menentukan
skornya.
Dalam penilaian
portofolio terdapat kelebihan, diantaranya adalah dapat menilai kemampuan siswa
secara menyeluruh, dan dapat menjamin akuntabilitas. Adapun kelemahannya adalah
memerlukan waktu dan kerja keras, memerlukan perubahan cara pandang, serta
memerlukan gaya belajar.
B. Saran-saran
Demikian
makalah yang dapat penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,
khususunya bagi penulis. Kritik dan saran sangat penulis harapkan demi
perbaikan makalah ini. Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT, kekhilafan dan
kekurangan milik manusia.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal. 2012.
Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Fajar, Arnie. 2009. Portofolio
Dalam Pembelajaran IPS. (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Nazarudin.
2007. Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep,
Karakteristik Dan Metodologi
Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. (Yogyakarta : Teras)
Sanjaya,
Wina.
Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. (Jakarta: Kencana)
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2008. Evalusi Program Dan Instrumen
Evaluasi Untuk Program Pendidikan Dan Penelitian. (Jakarta: PT Rineka
Cipta)
[1]DR. Farida Yusuf Tayibnapis, M.Pd., Evalusi Program Dan Instrumen
Evaluasi Untuk Program Pendidikan Dan Penelitian, (Jakarta: PT Rineka
Cipta, 2008), hlm: 1
[2] Drs. H.
Mgs. Nazarudin,Manajemen Pembelajaran
Implementasi Konsep, Karakteristik Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di
Sekolah Umum, (Yogyakarta : Teras, 2007), Cet. 1. Hlm. 186.
[3] Prof. Dr.
H. Wina Sanjaya, Pembelajaran Dalam
Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Kencana, 2011), Cet.
5, Hlm.
195-196.
[4] Dra. Arnie Fajar, M.Pd., Portofolio Dalam
Pembelajaran IPS, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009), Cet: 5, Hlm: 91-92
[6] Prof. Dr.
H. Wina Sanjaya, Pembelajaran Dalam
Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Kencana, 2011), Cet.
5, Hlm.
202-203.
0 komentar:
Post a Comment