Saturday, January 4, 2014

Pengetahuan Dan keterampilan Dalam Kewirausahaan



BAB I
Pembahasan

  1.  Latar Belakang Masalah
Dalam lingkungan usaha yang semakin kompetitif, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang perusahaan yang dilakukan mutlak diperlukan bagi seorang pengusaha. Pengetahuan dan keterampilan dalam bidang perusahaan itu, diantaranya cara mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan; serta menganalisis dan mendiagnosis pelanggan, mengidentifikasi segmentasi, dan motivasinya. Di samping itu, diperlukan pula pengetahuan spesifik, seperti pengetahuan tentang prinsip-prinsip akuntansi dan pembukuan, jadwal produksi, manajemen personalia, manajemen keuangan, pemasaran, dan perencanaan.
Bekal pengetahuan saja tidaklah cukup jika tidak dilengkapi dengan bekal ketrampilan. Oleh karena itu dalam makalah ini akan kami bahas tentang “Pengetahuan Dan keterampilan Dalam Kewirausahaan”
  1. Rumusan Masalah
Dari Latar belakang masalh diatas dapat diambil beberapa rumusan masalh yang akan kami bahas, meliputi:
  1. Apa saja pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang sukses?
  2. Apa saja keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang sukses?




BAB II
Pembahasan
  1. Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausaha
Seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan dijalankan. Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, seorang wirausaha menempatkan dirinya pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat keputusan yang buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang mudah bagi seorang wirausaha. Ketika seorang wirausaha men-set bisnis, hanya ada satu peluang yang sempit – satu atau paling banyak dua tahun – dimana seorang wirausaha harus sukses sebelum dirinya kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, seorang wirausaha juga harus memahami dasar area dan perdagangan bisnisnya dengan cepat, mulai dari akun dan administrasi sampai marketing dan produksi.
Bekal kewirausahaan berupa pengetahuan pelu dimiliki, Beberapa bekal pengetahuan yang harus dimiliki wirausaha adalah :
a)      Bekal pengetahuan bidang mengenai usaha yang dimasuki atau dirintis dan lingkungan usaha yang ada di sekitarnya.
b)      Bekal  pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab.
c)      Pengetahuan tentang kepribadian dan kemampuan diri.
d)     Pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis.
Dengan adanya pengetahuan tersebut, maka seorang wirausaha dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif yang tercermin dalam:
   Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up).
   Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative).
   Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity).
   Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing).
   Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya.[1]

  1. Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausaha
Bekal pengetahuan saja tidaklah cukup jika tidak dibekali dengan bekal keterampilan, keterampilan yang harus dimiliki wirausaha adalah :
a)      Keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dam memperhitungkan resiko.
b)      Keterampilan dalam menciptakan nilai tambah.
c)      Keterampilan dalam memimpin dan mengelola.
d)     Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi.
e)      Keterampilan teknik usaha yang dilakukan.[2]
Pengetahuan dan keterampilan itulah yang membentuk kepribadian seorang wirausaha. Menurut Dan Bradstreet (1993), pengusaha kecil harus memiliki kepribadian khusus, yaitu penuh pendirian, realistis, penuh harapan, dan berkomitmaen. Menurut Ronald J. Ebert (2000: 117), efektifitas manajer perusahaan tergantung pada keterampilan dan kemampuan. Keterampilan dasar manajemen tersebut meliputi:
a)      Tachnical skill, yaitu ketrampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti sekretaris, akuntan-auditor, dan ahli gambar.
b)      Human relation skill, yaitu ketrampilan untuk memahami, mengerti, berkomunikasi, dan berelasi dengan orang lain dalam organisasi.
c)      Conceptual skill, yaitu kemampuan personal untuk berpikir abstrak, untuk mendiagnosis dan untuk menganalisis situasi yang berbeda, dan melihatsituasi luar. Ketrampilan konseptual sangat penting untuk memperoleh peluang pasar baru dan menghadapi tantangan.
d)     Desicion making skill, yaitu ketrampilan untuk merumuskan masalah dan memilih cara bertindak yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.
e)      Time management skill, yaitu keterampilan dalam menggunakan dan mengatur waktu seproduktif mungkin.[3]














BAB III
Penutup

  1. Kesimpulan
Pengetahuan dan keterampilan yang sudah dibahas diatas itulah yang membentuk kepribadian seorang wirausaha. Menurut Dan Bradstreet (1993), pengusaha kecil harus memiliki kepribadian khusus, yaitu penuh pendirian, realistis, penuh harapan, dan berkomitmaen. Menurut Ronald J. Ebert (2000: 117), efektifitas manajer perusahaan tergantung pada keterampilan dan kemampuan.
Terlepas dari pengetahuan dan keterampilan, seorang wirausaha juga harus memahami dasar area dan perdagangan bisnisnya dengan cepat, mulai dari akun dan administrasi sampai marketing dan produksi.

  1. Sararan
Untuk menjadi wirausaha yang sukses tentu saja harus memiliki kompetensi dalam menghadapi resiko dan tantangan. Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan individu yang langsung berpengaruh pada hasil, karena wirausaha adalah orang yang selalu berorientasi pada hasil.
Pembahasan materi ini mungkin masih kurang sempurna.Oleh karena itu penulis masih membutuhkan saran dan perbaikan dari para pembaca.





Daftar Pustaka
Basrowi. 2011. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. (Bogor: Galia Indonesia)
Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiiat Dan Proses Menuju Sukses. (Jakarta: Salemba Empat)


[1] http://claustra-phobia.blogspot.com/p/blog-page_5193.html
[2]Dr. Suryana, M.Si., Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiiat Dan Proses Menuju Sukses, (Jakarta: Salemba Empat, 2008), Cet: 4, Hlm; 91
[3] Dr. Basrowi, Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi, (Bogor: Galia Indonesia, 2011), Hlm: 32-33

1 komentar:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Zudi Pranata. Powered by Blogger.
 
;