Friday, September 7, 2012

Kartosoewirjo, Imam DI/TII Ternyata Tak Besar di Lingkungan Pesantren


Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, sang imam DI/TII bukan besar di lingkungan pesantren. Dia semasa kecil menempuh pendidikan kolonial Belanda. Hak istimewa ini diperolehnya karena posisi ayahnya yang merupakan mantri pada kantor yang bertugas melakukan koordinasi penjualan candu.

Seperti dikutip dari buku Fadli Zon, 'Hari Terakhir Kartosoewirjo', Jumat (7/9/2012) dituliskan Kartosoewirjo lahir pada Selasa kliwon, 7 Februari 1905, di Kota Cepu, perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Karena posisi penting ayahnya ini, Kartosoewirjo termasuk salah satu anak negeri uang berkesempatan mengenyam pendidikan modern kolonial Belanda," tulis Fadli Zon.

Saat itu, sekitar tahun 1910, Indonesia atau Hindia Belanda tengah hangat dengan munculnya organisasi pergerakan, yang sebagian besar masih bersifat kedaerahan.

Saat itu, tulis Fadli dalam bukunya, sebagai anak mantri atau setingkat sekretaris distrik, Kartosoewirjo bisa mengenyam pendidikan sekolah Inlandsche School der Tweede Klasse atau sekolah bumiputera kelas dua. Tamat dari sekolah itu, Kartosoewirjo melanjutkan ke HIS (Hollandsch Inlandsche School), setelah itu Kartosoewirjo melanjutkan ke ELS (Europeesche Lagere School).

"Untuk orang Indonesia, sekolah HIS dan ELS merupakan sekolah elite, hanya anak Eropa dan Indo yang bisa masuk, serta sekelompok anak bumiputera yang berstatus sosial tinggi, cerdas, dan berbakat," tulis Fadli.

Pada usia 18 tahun, pada 1923, Kartosoewirjo menjadi mahasiswa sekolah dokter Hindia Belanda di Surabaya. Nah, di masa itulah cikal bakal bakat sebagai organisatorisnya mulai muncul.

Di Kota Surabaya, Kartosoewirjo menjadi anggota Jong Java cabang Surabaya, dan bahkan kemudian menjadi ketua cabang. Hingga pada 1925 dia bergabung dengan Jong Islamieten Bond di bawah pimpinan Wiwoho,

"Selama di Surabaya, Kartosoewirjo bersama para pemuda lain berkenalan dengan banyak ideologi atau haluan politik dan bentuk perjuangan semuanya mengambil konsep-konsep modern dari Barat," tulis Fadli lagi.

Pada 1927, Kartosoewirjo dikeluarkan dari sekolah kedokteran tersebut. Seperti ditulis Fadli Zon, Kartosoewirjo diangga terlibat gerakan politik. Salah satunya, pihak sekolah menemukan bukti bahwa Kartosoewirjo memiliki buku komunisme dan sosialisme. Buku itu didapat dari pamannya Mas Marco Kartodikromo.

Hingga akhirnya, perjalanan politik sesungguhnya Kartosoewirjo dimulai ketika dia berkenalan dengan Tjokroaminoto, yang dikenal sebagai pimpinan Syarikat Islam yang sangat berpengaruh di Jawa.

0 komentar:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Zudi Pranata. Powered by Blogger.
 
;